Macapat Rutin Putaran II

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo melalui Bidang Bahasa, Sastra, Sejarah, dan Permuseuman kembali menggelar Macapat Rutin 2020.  Setelah hampir 4 bulan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo tidak mengadakan kegiatan pertunjukan seni, khususnya Macapatan. Kegiatan Macapat Rutin 2020 sengaja diberhentikan sementara (dari mulai akhir Maret – akhir Juni) dikarenakan pandemi Covid 19 yang sedang mewabah di seluruh dunia. Mulai awal bulan Juli 2020, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo memberikan ijin kegiatan pentas seni dan budaya di wilayah Kabupaten Kulon Progo. Meskipun Pemerintah Kabupaten Kulon Progo mengijinkan kegiatan pentas seni dan budaya, tetapi ada berbagai macam syarat yang harus dipenuhi oleh panitia pelaksana kegiatan, yaitu; membatasi jumlah peserta kegiatan, membatasi durasi pelaksanaan kegiatan, menyediakan alat pendukung kesehatan, membatasi jumlah tamu undangan, serta tidak diperbolehkan mengumpulkan kerumunan dalam jumlah besar (tertutup).

Macapat Rutin Putaran II dilaksanakan pada Sabtu Kliwon, 18 Juli 2020 oleh Grup Macapat Dwija Laras yang terdiri dari gabungan antara Guru dan Pelajar Kapanewon Lendah. Kegiatan Macapat Rutin Putaran II diikuti oleh 15 peserta yang terdiri dari pelajar maupun guru. Kegiatan Macapat Rutin Putaran II diselenggarakan di Eks UPTD Lendah, Kalurahan Jatirejo, Kapanewon Lendah. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 jam dari pukul 20.15 – 21.15 WIB dan disiarkan langsung oleh Radio Megaswara.

Pada kegiatan Macapat Rutin Putaran II ini, Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo Dra. Niken Probo Laras, S. Sos., M.H. memberikan sambutan sebelum acara dimulai. Macapatan kali ini dibagi 3 sesi dengan setiap sesi diikuti oleh 5 penampil dan diselingi ocek-ocek tembang. Pengocek-ocek tembang pada Macapat rutin Putaran II yaitu, Rochmat, Sudjendro, dan Kelik Abu Choeri. Acara ditutup pada pukul 21.15 WIB, setelah 15 penampil selesai menembangkan tembang-tembang Macapat.