WORKSHOP PELESTARIAN CAGAR BUDAYA

Wates - Selasa (21/7/2020) Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo, menggelar Workshop Pelestarian Cagar Budaya yang dilaksanakan di Aula Adikarto, Kompleks Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dari tanggal 21 - 23 Juli 2020. Peserta dalam kegiatan ini terdiri dari OPD/Instansi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Kalurahan dan Kelurahan se-Kabupaten Kulon Progo, Kapanewon se-Kabupaten Kulon Progo, Tokoh Masyarakat, Pemilik dan pengelola Cagar Budaya, Karang Taruna se-Kabupaten Kulon Progo, Pramuka, Guru IPS SD, SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Kulon Progo.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada pemilik dan pengelola Cagar Budaya, masyarakat, maupun pemerintah daerah tentang bagaimana pengelolaan dan pemeliharanaan cagar budaya. Materi yang disampaikan dalam workshop tersebut mencakup Pengantar Umum, Kaidah Pelestarian dan Pengelolaan Cagar Budaya serta Kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Kabudayan (Kundha Kabudayan) dalam Pelestarian Cagar Budaya yang disampaikan langsung oleh Bapak Jumanto, S.H (Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat), Dra. Niken Probo Laras, S.Sos, M.H. (Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo, Agus Suwarto, S.Sos (Kepala Seksi Pengembangan Warisan Budaya Benda, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY, Drs. Indung Panca Putra, M.Hum (BPCB DIY), Sektiadi, S.S, M.Hum (Departemen Arkeologi, FIB, UGM), Danang Indra Prayudha, S.S, M.A (Narasumber TACB Kabupaten Kulon Progo).

Penyampaian Materi Dari Dra. Niken Probo Laras, S.Sos, M.H., Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo

Harapan dengan adanya kegiatan tersebut adalah semua elemen masyarakat, pemerintah daerah khususnya yang bersentuhan langsung dengan pendidikan dan kebudayaan dapat sama-sama menjadi pelopor dan penggerak pelestarian cagar budaya.

Peserta Workshop Pelestarian Cagar Budaya