Macapat Rutin Putaran V

Dalam rangka pembinaan dan pengembangan bahasa dan sastra Kabupaten Kulon Progo, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo kembali menggelar Macapat Rutin untuk yang ke-lima kalinya pada tahun 2020. Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo bekerja sama dengan Paguyuban Macapat Candra Sumirat Kapanewon Kalibawang mengadakan Macapat Rutin Putaran V yang digelar pada hari Jum’at Kliwon tanggal 7 Agustus 2020, yang berlokasi di Kalurahan Banjarasri, Kapanewon Kalibawang.

Macapat Rutin Putaran V yang dilaksanakan di Kapanewon Kapanewon ini dihadiri oleh Kepala Bidang Bahasa, Sastra, Sejarah, dan Permuseuman Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo Budi, SIP., MM beserta jajaran struktural Bidang Bahasa, Sastra, Sejarah, dan Permuseuman Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo. Selain itu, tamu undangan yang hadir dalam Macapat Rutin Putaran V, yakni Perwakilan Penewu Kalibawang, Lurah Banjarasri, Perwakilan Polsek Kalibawang serta Perwakilan Koramil Kalibawang.

Kegiatan Macapat Rutin Putaran V diikuti oleh 15 seniman Macapat yang tergabung dalam Paguyuban Macapat Candra Sumirat Kapanewon Kalibawang yang terdiri dari siswa siswi se-Kapanewon Kalibawang dan dibina langsung oleh guru-guru seni budaya Kapanewon Kalibawang. Sesuai arahan Gugus Covid 19 Kulon Progo, kegiatan Macapat Rutin Putaran V masih menyesuaikan protokol kesehatan, antara lain pembatasan peserta dan tamu undangan, menggunakan masker, mengecek suhu tubuh peserta maupun tamu undangan, menyemprotkan hand sanitizer kepada peserta maupun tamu undangan, dan pembatasan waktu pelaksanaan Macapatan menjadi 1 jam lebih 15 menit (yang biasanya 2 jam lebih 30 menit). Kegiatan Macapat Rutin putaran V ini juga disiarkan langsung oleh Radio Megaswara Kulon Progo yang telah bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kulon Progo sejak tahun 2019 yang lalu.

Macapat Rutin Putaran V dibuka dengan lantunan Panembrama yang dibawakan oleh para peserta Macapatan. Macapatan kali ini dibagi dengan 3 sesi dengan setiap sesi diikuti oleh 5 penampil dan diselingi ocek-ocek tembang. Pengocek-ocek tembang pada Macapat Rutin Putaran V yaitu, Alip, Sudjendro, dan Kelik Abuchoeri yang merupakan budayawan pemerhati seni budaya di Kulon Progo. Kegiatan Macapat Rutin ditutup dengan Panembrama oleh para peserta Macapatan (seperti pembukaan) pada pukul 21.30 WIB.