Workshop Langen Carita 2020

Bertempat di Pendhapa Darmais, Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Selasa Kliwon sampai dengan Rabu Legi (4 s/d 5 Februari 2020) digelar Workshop Langen Carita untuk Guru-guru SD, Kapanewon dan Dewan Kebudayaan di Kulon Progo.

Workshop tersebut dihadiri langsung oleh perwakilan dari Kapanewon, Guru, Dewan Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo dan Koordinator Kapanewon.

Workshop Langen Carita tahun 2020 merupakan tahun ketiga pelaksanaannya, dilaksanakan untuk mempersiapkan Festival Langen Carita tingkat Kabupaten di waktu yang akan datang.

Di hari pertama, pemateri workshop adalah Bapak Drs. Untung Waluya (Kepala Dinas Kebudayaan/Kundha Kabudayan) pemateri kedua adalah Bapak Drs. Sumarsana, M.Si. (Kepala Pendidikan Pemuda dan Olahraga) dan pemateri ketiga atau terakhir adalah Bapak Joko Mursito, S.Sn., M.A.

Pada hari kedua, terdapat 3 narasumber yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu Drs. Sunardi, M.Pd, Agung Harwanto, S.Sn, dan Erlina Panca, S.Sn., M.A. Dilaksanakan dengan sistem panel dan banyak melakukan bincang-bincang, yaitu ketiga narasumber bersama-sama memberikan materi dan saling mengisi ketika terdapat pertanyaan dari peserta workshop. Peserta workshop sangat antusias terbukti dari banyaknya pertanyaan yang diajukan.

Workshop Langen Carita tahun 2020 ditutup dengan Bapak Kepala Dinas Kebudayaan yang memberikan sebuah semangat, bahwa dalam Festival Langen Carita tahun 2020 yang akan datang, peserta ditekankan bahwa ideologi bela-beli harus selalu dipegang teguh, bahwa peserta langen carita dapat menampilkan cerita yang ada di daerahnya masing-masing. Karena dengan ideologi kita dapat membendung budaya asing yang tidak sesuai dengan karakter sendiri. Juga dengan langen carita ini, bukan kejuaraan yang menjadi fokus utama, namun melalui proses langen carita ini diharapkan, pembentukan karakter anak yang berbudi pekerti luhur dan mempunyai nilai dapat terwujud.