Macapatan Rutin Putaran IV

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo melalui Bidang Bahasa, Sastra, Sejarah, dan Permuseuman kembali menggelar Macapat Rutin untuk yang ke-empat kalinya pada tahun 2020 dan yang terakhir di bulan Juli 2020. Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo bekerja sama dengan Paguyuban Macapat Anggara Kasih Kapanewon Nanggulan mengadakan Macapat Rutin Putaran IV yang digelar di Joglo Keluarga Besar Alm. R. Daladi yang berada di Dusun Kenteng, Kalurahan Kembang, Kapanewon Nanggulan, Rabu (29/07).

Macapat Rutin Putaran IV yang dilaksanakan di Kapanewon Nanggulan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo Dra. Niken Probo Laras, S. Sos., M.H beserta jajaran dari Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo. Tidak hanya dari Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo, kegiatan ini juga dihadiri oleh Penewu Nanggulan, Lurah Kembang, Perwakilan Polsek Nanggulan serta Perwakilan Koramil Nanggulan.

Kegiatan Macapat Rutin Putaran IV ini diikuti oleh 15 seniman Macapat yang ada di Nanggulan, terdiri dari pelestari seni, guru, maupun pelajar yang tergabung dalam Paguyuban Macapat Anggara Kasih Kapanewon Nanggulan. Sesuai arahan Gugus Covid 19 Kulon Progo, kegiatan Macapatan ini hanya diperbolehkan selama 1 jam pelaksanaan dari mulai pukul 20.15 sampai pukul 21.15 WIB dan peserta maupun panitia harus mematuhi protokol kesehetan Covid-19. Kegiatan Macapatan ini juga disiarkan secara langsung oleh Radio Megaswara Kulon Progo.

Macapatan kali ini dibagi 3 sesi dengan setiap sesi diikuti oleh 5 penampil dan diselingi ocek-ocek tembang. Pengocek-ocek tembang pada Macapat rutin Putaran IV yaitu, MC Surandi, Sudjendro, dan Yadi Haryadi yang merupakan budayawan pemerhati seni budaya di Kulon Progo. Acara ditutup pada pukul 21.15 WIB, setelah 15 penampil selesai menembangkan tembang-tembang Macapat.